Larangan Parkir Dua Sap Depan Dinkes, Dishub Pati Ngaku Sudah komunikasi Dishub Provinsi

Jurnalindo.com
Jurnalindo.com

Jurnalindo.com, – Nampak terlihat puluhan mobil parkir berjejer memanjang hingga puluhan meter di bahu jalan sampai membentuk dua Sap tepatnya depan Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati.

Tidak hanya mobil pangujung saja yang parkir di lokasi tersebut melainkan banyak juga mobil plat merah atau pegawai dinas setempat juga pemanfaatan bahu jalan untuk dijadikan tempat parkir.

Dengan Kondisi tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati sebenarnya sudah pernah melakukan komunikasi kepada dinas setempat, agar tidak parkir di bahu jalan hingga dua sap. Meskipun jalur tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi.

“Jalan Diponegoro kewenangannya di bawah provinsi. Kami sudah koordinasi dengan Balai Sarpras Perhubungan Provinsi. Karena belum ada solusi untuk lokasi parkir alternatif, jadi diimbau untuk parkir satu lajur,” jawab Nita Agusningtyas Selaku Pengendalian dan Operasional (Dalops) Dinas Perhubungan (Dishub) Pati.

Dia mengatakan dalam kondisi tersebut dapat menghambat kendaraan lain yang sedang melaju sehingga menyebabkan kemacetan, apalagi jalan itu merupakan jalur cepat dan satu arah.

“parkir dua sap di jalur searah dapat memicu kemacetan sehingga sehingga kami menghimbau oleh petugas setempat agar jangan sampai parkir dua sap,”tegasnya.

Selain itu, Pihaknya menjelaskan bahwa ada sanksi bagi yang parkir sembarangan. Yakni yang diatur didalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ).

“Sanksi bagi setiap orang yang melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan. Dalam hal ini perlu didalami dan dikoordinasikan dengan Satlantas sebagai instansi yang berwenang memberikan tindakan sanksi terhadap pelanggaran tersebut,” pungkas dia. (Juri/Jurnal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *