News  

Bangun Megaportal, Promedia Bantu KUMKM Naik Kelas

Jurnalindo.com – Promedia Teknologi Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usana Kecil Menengah (Kemenkop UKM) akan membangun jaringan megaportal PLUT – KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu). Ini merupakan bagian dari kerja sama Kemenkop dengan PT Telkom Indonesia, PT Pos Indonesia, dan Promedia Teknologi Indonesia.

Penandatanganan Kerjasama dilaksanakan Rabu 31 Mei 2023 di Jakarta disaksikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Program Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Bertema, “Trasformasi PLUT KUMKM Menuju UMKM Naik Kelas”.

Dalam sambutannya, Teten menyatakan pihaknya akan terus mendorong UMKM untuk berevolusi, tidak terus berada di usaha mikro dan berproduksi di sektor rendah teknologi.

“Kita harus naik kelas, dalam arti skala usaha yang naik masuk ke produksi berbasis kreatifitas dan inovasi teknologi,” katanya.

Teten berharap PLUT bisa memilah dan mendorong produk-produk yang memang bisa di scale up didorong untuk naik kelas.

“Kuncinya ada di kita, apa yang kita lakukan sekarang ini sangat penting untuk memperkuat struktur ekonomi,” tuturnya.

Sementara Asdep Koperasi dan UMKM Kemenko Perekonomian Danang menyatakan salah satu tantangan UMKM adalah menghadapi digitalisasi dunia industry. “Terlebih adanya fakta bahwa baru 23,75% UMKM yang memiliki website dan bahkan 11,54% UMKM belum punya computer,” katanya.

Kondisi ini menurutnya menjadi tantangan sendiri dalam pengembangan KUKM.

Pada kesempatan itu CEO Promedia Teknologi Indonesia Agus Sulistriyono menyatakan Promedia akan membangun sebuah Megaportal PLUT-KUMKM yang terintegrasi dengan seluruh PLUT di 87 kota di Indonesia. “Megaportal ini akan menjadi rujukan informasi dan sarana promosi yang menarik bagi pelaku koperasi dan UMKM,” katanya.

Pada sisi ini Promedia akan menyiapkan teknologi dan infrastruktur portal, pelatihan managerial konten dan monetisasi iklan-iklannya, sementara PLUT hanya diminta mengisi portal tersebut dengan konten-konten yang berkaitan dengan kegiatan ataupun promosi produk PLUT di masing-masing daerah.

“Megaportal PLUT-KUMKM bisa dimonetisasi secara direct dan programmatic sebagai tambahan pendapatan pengelolanya,” ujar Agus. Lebih jauh dikatakannya dalam kerja sama ini Promedia bertanggungjawab menyiapkan website, server, dan pelatihan, sementara PLUT bertanggungjawab terhadap konten website seperti profil pelaku koperasi dan UMKM, event, review produk dan lainya.

“Nantinya ada revenue sharing yang disepakati antara pengelola portal PLUT-KUMKM dengan Promedia atas pendapatan Iklan Direct dan Programmatic,” tutur Agus.

Pada kesempatan itu salah seorang peserta rakor, Aam Abdul Salam yang juga Ketua Harian PLUT Kab. Sukabumi menyambut baik rencana ini.

“Produk UMKM memang perlu publikasi untuk bisa memasarkan produknya secara lebih luas. Dan anggota PLUT kami juga senang bila ada kegiatan atau produk yang dimnuat di media onlie. Kami sendiri di PLUT Kab. Sukabumi sudah kerja sama dengan SMSI Sukabumi Raya,” kata Aam.

Aam menilai rencana Promedia membuat megaportal tersebut merupakan upaya konkrit untuk menjembatani kebutuhan akan publikasi dan promosi PLUT.

“Oleh karena itu saya berharap rencana ini segera teralisasi sehingga integrasi berbagai pihak dalam rakor ini bisa segera terwujud dan PLUT bisa segera berkontribusi dan pemasaran produk dan kegiatan PLUT semakin meluas,” katanya.

 

(Alf/jurnalindo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *