News  

Sambut Harlah IPNU ke 69, Kepala Pusdatin Kemendikbud Sampaikan 2 hal Penting

Jurnalindo.com – Jakarta, Kepala Pusdatin Kemendikbud RI, Dr. H. Hasan Chabibie hadiri Sarasehan Pelajar dalam rangka Tasyakuran Harlah IPNU ke 69 dengan tema “Pelajar Merawat Peradaban” yang digelar 18 Maret 2023. Sarasehan yang di helat di Aula Al Fattah Masjid Istiqlal Jakarta ini mengusung sub tema “Milenial NU Menyongsong Abad ke 2

Nahdlatul Ulama”. hadir juga sebagai pemateri Caswiyono Rusydi Cakrawangsa sekalu Stafsus Kemnaker RI dan Arief Rosyid Hassan sekaiu Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia. Dalam moment tersebut, beliau menyampaikan 2 hal. Yang pertama bahwa dalam sebuah peradaban, ada 2 kalikay yang akan selalu hadir. Dua kata tersebut ada adalah Ilmu Pengetahuan dan teknologi.

“kita tau, bahwa yang namanya peradaban ada 2 kalimat yang selalu melekat. Yang pertama ilmu pengetahuan yang kedua teknologi. Kita tau bahwa para ulama terdahulu juga melakukan penemuan – penemuan besar yang menunjang perkembangan peradaban bahkan hari ini pun kita menyaksikan betapa cepatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Informasi.” Tutur beliau yang akrab disapa Mas Hasan.

Baca Juga: Kasus Kekerasan pada Anak dan Perempuan, Anggota Dewan Dorong Pemerintah Harus Tegas

Yang kedua, beliau juga menyampaikan bahwa dinamika organisasi dan perbedaan pendapat terutama di Kalangan NU sudah menjadi hal yang biasa. Namun perbedaan pendapat dan pandangan tersebut tidak lantas melunturkan semangat dan komitmen dalam berjuang untuk NU dan meneguhkan Aswaja 

“Bahwa dulu juga terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama kita. Masyhur kita dengarkan perbedaan antara KH. Bisri Syamsuri dan KH. Wahab Hasbullah soal Aqiqah. Dimana mbah Bisri dengan Fiqh yang begitu ketat dengan mbah wahab yang lebih longgar dalam menyikapi berbagai persoalan. Namun beliau berdua punya komitmen bersama dalam berjuang di NU.” Ungkap beliau yang juga pengurus LP Maarif PBNU.

Acara ini ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama seluruh peserta kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *