Inilah Teguran Pemerhati Anak untuk Stasiun TV yang Menayangkan Konten Tidak Mendidik

- Selasa, 24 Januari 2023 | 08:55 WIB
Ironi Antara Fajar Sadboy vs Nono Matematika. (Foto/Twitter.)
Ironi Antara Fajar Sadboy vs Nono Matematika. (Foto/Twitter.)

Jurnalindo.com - Pemerhati anak-anak Susanto menilai tayangan Fajar Sadboy di sejumlah acara TV tidak memenuhi syarat untuk ditayangkan program tersebut.

Menurutnya, reality show yang menampilkan kelainan anak muda bernama Fajar Sadboy tidak cocok ditayangkan dan ditayangkan kepada anak-anak.

Fajar Sadboy dikhawatirkan menjadi panutan bag anak anak.

“Sehingga mereka akan melakukan hal yang sama sesuai dengan apa yang mereka lihat di TV atau Youtube di kehidupan nyata,” kata Susanto, Seperti dikutip dari laman NU Online, Selasa (3/1/2023).

Baca Juga: Pentingnya Mengajari Sikap Disiplin Pada Anak

Mengutip dari hallo.id Seperti diketahui, Fajar Sadboy sempat viral di TikTok karena konten ‘cinta monyetnya’ yang bertepuk sebelah tangan dan dibiarkan menangis di media sosial. Sembari menjual duka, nama Fajar melambung setelah perangnya di televisi dan undangan podcast dari sejumlah selebriti seperti Denny Cagur dan Atta Halilintar.

Menanggapi hal itu, Susanto menjelaskan, dalam pasal 29 Peraturan KPI tentang Pedoman Perilaku Penyiaran disebutkan bahwa lembaga penyiaran tidak boleh mewawancarai anak-anak di bawah 18 tahun di luar kapasitas mereka serta wajib mempertimbangkan keamanan dan masa depan mereka.

Menurut Susanto, apa yang dilakukan media TV dengan memperkenalkan sosok Fajar Sadboy sebagai narasumber melanggar ketentuan pasal tersebut.

“Apa yang dilakukan media seperti TransTV terhadap Fajar Labatjo jelas melanggar itu semua, kita di rumah menertawakannya, dan negara menutup mata,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Jurianto, SH.i

Sumber: Hallo.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Fakta Mereka yang Berzodiak Aquarius

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:00 WIB

10 Keunikan dari Zodiak Aries

Jumat, 3 Februari 2023 | 09:52 WIB

10 Keunikan dari Zodiak Capricorn

Jumat, 3 Februari 2023 | 09:45 WIB

Gaya Rambut Amanda Manopo bikin Netizen salfok

Jumat, 3 Februari 2023 | 06:00 WIB

Begini Cerita Rossa tentang OST "Mantan Tapi Menikah"

Kamis, 2 Februari 2023 | 11:39 WIB
X